Google Luncurkan Gemini, AI Saingan ChatGPT

/

,

/

Oleh

Prilude Studio – Pada tanggal 28 Juni 2024, Google secara resmi meluncurkan Gemini. Gemini disini bukan zodiak ya, tapi merupakan sebuah model generatif AI. Singkatnya, Gemini bertindak seperti halnya ChatGPT dari OpenAI. Produk ini sendiri merupakan proyek lanjutan dari serangkaian AI dari Google yang sebelumnya sudah ada.

Google ini memang perusahaan yang tidak berhenti berinovasi. Sepertinya mereka selalu ingin update dengan perkembangan teknologi yang ada. Belum lama, mereka mengeluarkan AI bernama Bard dengan berbagai fitur yang canggih. Namun, kini Gemini menggantikan perannya Bard.

Dengan mengubah Bard menjadi gemini, perusahaan yang berbasis di California tersebut bertekad untuk meningkatkan kapasitas AI-nya. Mereka ingin agar Gemini tidak hanya berfokus pada efisiensi pengguna sehari-hari, tetapi juga pada aspek keamanan. Google ingin memastikan gemini menghasilkan data yang tidak merugikan atau menyesatkan.

Fitur Unggulan Gemini

Pada sebuah acara saat google luncurkan gemini, mereka menyampaikan beberapa keunggulan dari Gemini. Berikut adalah keunggulan dari gemini, seperti yang Prilude rangkum dari TechCrunch.

  1. Pencarian dan Analisis Data: Gemini dapat mencari dan menganalisis data dari berbagai sumber dengan cepat dan akurat. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus melalui banyak langkah manual.
  2. Integrasi dengan Ekosistem Google: AI ini terintegrasi erat dengan produk-produk Google seperti Gmail dan Google Maps. Misalnya, pengguna dapat menggunakan Gemini untuk menyusun email atau mendapatkan ringkasan cepat dari data geografis.
  3. Pengenalan dan Pemahaman Gambar dan Video: Gemini mampu mengenali konten dalam gambar dan video serta memberikan deskripsi yang detail dan relevan berdasarkan analisis tersebut. Fitur ini sangat berguna untuk pencarian informasi berbasis visual.
  4. Penggunaan Bahasa Alami: Pengguna dapat berinteraksi dengan Gemini menggunakan bahasa alami (natural language processing), baik dalam bentuk teks maupun suara. Hal ini memudahkan komunikasi dan penggunaan teknologi bagi pengguna dari berbagai latar belakang​

Dengan kehadiran serangkaian fitur canggih yang ada di Gemini. Google berharap bisa memberikan perlawanan yang berarti terhadap ChatGPT. Sebagaimana kita ketahui, untuk saat ini pasar AI masih didominasi oleh produk-produk dari OpenAI.

Biaya Berlangganan

Google memberikan dua pilihan, gratis dan berbayar. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba Gemini, Anda dapat mengakses teknologi Gemini melalui https://gemini.google.com.

Google menyediakan opsi bagi Anda yang ingin mendapatkan benefit lebih banyak dari gemini. Opsi tersebut adalah opsi berlangganan. Untuk berlangganan Gemini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 309.000 setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.