Apple Batalkan Kerjasama AI dengan Facebook (Meta)

Kabar menarik datang dari dunia teknologi, terutama seputar AI. Sebuah kabar mengatakan Apple Batalkan Kerjasama AI dengan Meta.

Beberapa hari setelah laporan dari Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Apple sedang berdiskusi dengan Meta (Facebook) untuk integrasi AI, muncul berita mengejutkan. Kabar tersebut datang dari Bloomberg yang menyampaikan laporan terbaru bahwa Apple tidak akan melanjutkan pembicaraan dengan Meta.

Pada bulan Maret lalu, Apple dan Meta sempat mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan integrasi model AI Meta dengan perangkat Apple. Saat itu, Apple sedang aktif mencari peluang untuk menggabungkan teknologi AI dari berbagai perusahaan dengan perangkat mereka sendiri. Namun, menurut laporan Bloomberg, Apple membatalkan ide ini karena kekhawatiran terkait privasi dan dampak negatif terhadap citra perusahaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Meta memiliki citra yang kurang baik tentang privasi. Beberapa kesempatan yang lalu, legislator negara Amerika kedapatan memanggil Zuckerberg dalam urusan privasi. Jika diskusi tersebut dilanjutkan, maka akan muncul persepsi negatif tentang keamanan pada perangkat Apple.

Alasan Apple Batalkan Kerjasama AI dengan Meta

Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut memiliki reputasi yang bagus tentang keamanan data. Orang mengenal Apple sebagai perusahaan yang mendukung privasi pengguna dan sering mengkritik praktik privasi Meta yang kontroversial. Hal tersebut juga menjadi beberapa alasan dari pengguna Apple, untuk menggunakan produk Apple. Sehingga jika Apple jadi mengintegrasikan AI meta dengan iPhone maka secara otomatis reputasi Apple akan menurun.

Langkah Apple dalam Dunia AI

Pada awal bulan ini, Apple meluncurkan serangkaian fitur AI mereka sendiri di bawah merek Apple Intelligence. Fitur-fitur baru ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus berkembang di bidang kecerdasan buatan (AI) dengan solusi yang mereka kembangkan sendiri. Selain itu, Apple juga mengumumkan kemitraan dengan OpenAI yang memungkinkan pengguna iPhone menggunakan ChatGPT untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Sebelumnya, integrasi Apple dengan ChatGPT juga mengundang komentar negatif dari tokoh teknologi dunia. Elon Musk dalam postingannya di X mengatakan akan membatasi karyawan spaceX untuk menggunakan produk Apple. Elon berpendapat bahwa ChatGPT bermasalah dengan privasi, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu keamanan data di perusahannya.

Jika Apple batalkan kerjasama AI dengan Meta telah diberitakan, namun kabar bahwa Apple membatalkan kerjasama dengan ChatGPT belum keluar. Sehingga kemungkinan Apple akan tetap bekerjasama dengan Open AI (ChatGPT) meskipun dapat sentimen negatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.